Kemenhub Bangun 4 Bus Air untuk di Danau Toba dan Sentani

Kompas.com - 09/03/2020, 08:36 WIB
Salah satu dermaga di kawasan Danau Toba. DANI PRABOWOSalah satu dermaga di kawasan Danau Toba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan tengah memesan sembilan unit kapal penyeberangan Ro-Ro dan empat unit Bus Air. Nantinya, moda transportasi itu akan digunakan untuk masyarakat di sekitaran Danau Toba dan Danau Sentani, Papua.

“Secara keseluruhan Bus Air Danau Sentani mampu mengangkut 100 penumpang, sementara Bus Air Danau Toba mampu mengangkut 150 orang,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/3/2020).

Budi meminta kepada warga Danau Toba dan Danau Sentani bisa memanfaatkan Bus Air tersebut dengan baik dan benar.

Baca juga: Dongkrak Parawisata di Danau Toba, Pemerintah Akan Kembangkan Bandara Sibisa

“Diharapkan dengan pembangunan 2 unit  Bus Air untuk Danau Sentani tersebut dapat mendukung terlaksananya kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Jayapura Provinsi Papua,” kata Budi.

Selain itu, lanjut Budi, Bus Air tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai sarana transportasi penyeberangan maupun wisata di wilayah perairan Danau Sentani.

Sementara itu, dua unit Bus Air lainnya untuk Danau Toba ini dilaksanakan dalam rangka mendukung terlaksananya percepatan pembangunan di wilayah KSPN Super Prioritas Danau Toba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Virus Corona Tak Pupuskan Niat Raja dan Ratu Belanda ke Danau Toba Maret Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.