Masih Dibayangi Virus Corona, Rupiah Awali Pekan dengan Melemah

Kompas.com - 09/03/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mengawali pekan dengan pelemahan. Sentimen virus corona masih membayangi pergerakan rupiah,

Mengutip data Bloomberg, rupiah pada awal perdagangan di pasar spot Senin (9/3/2020) pukul 08.40 WIB berada di level Rp 14.290 per dollar AS atau melemah 0,34 persen dibanding penutupan Jumat Rp 14.243 per dollar AS.

"Kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona masih akan menjadi sentimen negatif untuk rupiah hari ini," kata Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, kepada Kompas.com.

Dia menyebutkan, pagi ini terpantau harga emas naik menembus ke atas kisaran 1.700 per dollar AS dan minyak mentah WTI tembus ke bawah area 30 dollar AS per barrel.

"Ini mengindikasikan kekhawatiran akan dampak corona yang semakin tinggi," jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.200 per dollar AS sampai dengan Rp 14.400 per dollar AS.

Baca juga: Akhir Pekan, Rupiah Kembali Melemah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.