Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Merawat Emas agar Tetap Berkilau

Kompas.com - 09/03/2020, 10:11 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu investasi yang paling berkilau saat kondisi ekonomi global sedang tak pasti adalah logam mulia emas. Namun demikian, emas tentunya memiliki wujud yang terkadang bisa memudar jika perawatannya tidak tepat.

Chief Executive Officer Hartadinata Abadi, Sandra Sunanto dalam peluncuran model emas terbarunya dari PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata) di Grand Ballroom Kempinski Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020) menyampaikan beberapa cara dalam merawat emas.

“Perhiasan emas itu jangan sering terkena parfum kerena ada oksidasi dan sebagainya, tapi dengan kualitas emas kita, kalau mau pakai ya pakai saja,” ungkapnya.

Baca juga: Lebih Untung Investasi Emas atau Saham Produsennya?

Sandra mengatakan, untuk menjaga emas yang paling penting rajin mencuci emas secara berkala di toko emas. Namun, Anda juga bisa membeli cairan pembersih untuk membersihkan emas Anda di rumah.

“Intinya jangan kena parfum dan harus sering-sering dicuci. Tapi yang penting jangan hilang,” sebut dia.

Sandra menyebut, dalam perawatan emas tidak ada yang berbeda antara emas putih dan emas kuning. Hanya yang membedakan adalah harga dan bahan komponennya. Harga emas putih relatif lebih mahal ketimbang emas kuning.

“Itu sama saja. kuning atau putih. (Yang berbeda) bergantung bahannya saja yang memang image harga emas putih itu lebih tinggi, tergantung selera,” jelasnya.

Tak hanya konsumen saja yang perlu menjaga investasi emasnya agar tetap berkilau. Hal ini juga perlu dilakukan oleh para penjual emas. Selain melakukan perawatan emas, penjual emas juga perlu menjaga toko emas-nya terkait maraknya pencurian emas akhir-akhir ini.

Baca juga: Harga Emas Kembali Cetak Rekor Tertinggi, Dampak Virus Corona?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com