BPJT: Tarif Tol Jakarta - Cikampek dan Becakayu Mulai Terintegrasi Bulan ini

Kompas.com - 09/03/2020, 15:23 WIB
Kalimalang diapit Tol Becakayu di kawasan Bintara Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2019). KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOKalimalang diapit Tol Becakayu di kawasan Bintara Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, tarif tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting, Japek Elevated dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan mulai terintegrasi bulan ini, Maret 2020.

"Kami tetap mengharapkan bulan Maret ini bisa tuntas. Beberapa waktu lalu kita harapkan kuartal pertama itu bisa tuntas soal integrasi tarif antara Jakarta-Cikampek, Jakarta-Cikampek elevated dan juga Becakayu," tutur Kepala BPJT Danang Parikesit, di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Danang menjelaskan pihaknya sudah mengetahui detail interkoneksi antar ruas tol, baik terkait pendapatan maupun sistem transaksi.

Baca juga: Akibat Truk ODOL, Pengelola Jalan Tol Rugi Rp 1 Triliun Setiap Tahun

"Sambil proses yang sama ada perbaikan peraturan menteri mengenai integrasi sistem transaksi," katanya.

Lebih lanjut, integrasi tarif nantinya juga akan diberlakukan dengan tarif tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 62 km.

Namun, integrasi dengan ruas tol tersebut masih akan menunggu penyelesaiaan pembangunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau yang Japek Selatan kan masih lama, masih dua tahun lagi. Nanti pada dua tahun berikutnya kalau dia sudah nanti akan kita review bersama-sama dengan penyesuaian tarif berikutnya," tuturnya.

Nantinya, tarif ketiga ruas tol itu akan terintegrasi setelah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengeluarkan surat keputusan terkait integrasi sistem transaksi.

"Tarifnya harapan kita seperti pak Menteri berkali-kali mengatakan, integrasinya seragam, terutama untuk jarak jauh," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.