Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Saham AS Rontok, Indeks Dow Jones Merosot 2.000 Poin

Kompas.com - 10/03/2020, 06:07 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 2.000 poin pada perdagangan di pasar saham Amerika Serikat, Wall Street, Senin (10/3/2020).

Dikutip dari CNBC, kinerja tersebut adalah yang terburuk sejak 2008, seiring dengan kheawatiran investor mengenai persebaran virus corona serta perang harga minyak oleh negara-negara anggota OPEC+ yang membuat investor keluar dari pasar modal.

Indeks Dow Jones ditutup anjlok 2.013,7 poin atau 7,79 persen pada 23.851,02.  Saham Boeing, Apple, Goldman Sachs, serta Caterpillar masing-masing merosot hingga 100 poin.

Kinerja Dow Jones adalah yang terburuk sejak 15 Oktober 2008 di mana indeks tersebut merosot 7,87 persen.

Baca juga: Diterpa 2 Sentimen Negatif, Rupiah dan IHSG Rontok

Adapun indeks S&P 500 terkoreksi 7,6 persen menjadi 2.746,56 poin lantaran investor beramai-ramai keluar dari saham-saham sektor keuangan dan energi. Beberapa emiten energi di S&P 500 seperti Exxon Mobil, Hess dan Marathon Oil menutup perdagangan dengan terkoreksi hingga 20 persen. Untuk emiten-emiten keuangan, saham mereka terkoreksi hingga 10 persen.

Adapun indeks Nasdaq Composite melorot hingga 7,29 persen di akhir perdagangan menjadi 7.950,8 poin.

Aksi jual besar-besaran tersebut memicu otoritas bursa setempat untuk menghentikan perdagangan sementara selama beberapa menit setelah bel pembukaan.

Koreksi tajam pada perdagangan Senin, merupakan kelanjutan dari gejolak pasar saham di pekan lalu ketika indeks S&P 500 terus bergerak naik-turun di kisaran 2,5 persen selama empat hari berturut-turut.

Investor terus mencari aset yang lebih aman lantaran kekhawatiran terkait persebaran virus corona terus meningkat. Ancaman virus corona dikhawatirkan bakal merusak rantai pasokan global dan membawa perekonomian dunia kembali ke jurang resesi.

Baca juga: Arab Saudi dan Rusia Perang, Harga Minyak Anjlok ke Level Terendah Sejak 1991

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com