Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Anjlok ke Kisaran 30 Dollar AS, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 10/03/2020, 07:37 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah mengalami penurunan harian terbesar sejak Perang Teluk 1991 pada akhir perdagangan Senin (9/3/2020) waktu setempat (Selasa pagi WIB). Penurunan itu seiring dengan perang harga antara produsen utama Arab Saudi dan Rusia yang mengancam akan membanjiri pasokan pasar minyak global.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei merosot 10,91 dollar AS atau 24,1 persen, menjadi 34,36 dollar AS per barrel. Kontrak sempat anjlok 31 persen pada awal sesi menjadi 31,02 dollar AS, tingkat terendah sejak 12 Februari 2016.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April jatuh 10,15 dollar AS atau 24,6 persen, ditutup pada 31,13 dollar AS per barrel. WTI sempat anjlok 33 persen menjadi 27,34 dollar AS, terendah sejak 12 Februari 2016.

Kemerosotan hampir 25 persen dalam harga minyak memicu penjualan panik dan kerugian besar pada indeks saham utama Wall Street ketika penyebaran cepat virus corona memperkuat kekhawatiran akan resesi global.

Baca juga: Meski Harga Minyak Anjlok, Pemerintah Tak Buru-buru Turunkan Harga BBM

Arab Saudi dan Rusia sama-sama mengatakan, mereka akan meningkatkan produksi pada akhir pekan setelah pakta tiga tahun antara mereka dan produsen minyak utama lainnya untuk membatasi pasokan gagal disepakati pada Jumat (6/3/2020).

Moskwa telah menolak untuk mendukung Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam melakukan pengurangan minyak yang lebih dalam untuk mengatasi penurunan permintaan secara substansial yang disebabkan oleh dampak virus corona terhadap perjalanan dan kegiatan ekonomi.

Senin (9/3/2020) menandai penurunan persentase satu hari terbesar untuk kedua kontrak acuan minyak sejak 17 Januari 1991, ketika harga minyak turun sepertiga pada permulaan Perang Teluk AS.

Volume perdagangan di bulan depan untuk kedua kontrak mencapai rekor tertinggi.

Harga saham-saham energi juga telah turun tajam.  Seperti saham Exxon yang kehilangan lebih dari 12 persen, penurunan satu hari terbesar sejak 15 Oktober 2008, puncak krisis keuangan.

Baca juga: Harga Minyak Anjlok, Bursa Saham Asia Berguguran

Sementara saham Chevron jatuh lebih dari 15 persen, penurunan terbesar sejak kejatuhan pasar "Black Monday" Oktober 1987.

"Selama akhir pekan, setiap perusahaan mengurangi jumlah (kontrak) mereka dan pada dasarnya serpih masuk ke mode bertahan hidup dalam hal pengeluaran modal dan aktivitas," kata Dan Yergin, wakil ketua IHS Markit.

Arab Saudi berencana untuk meningkatkan produksi minyak mentahnya di atas 10 juta barrel per hari (bph) pada April dari 9,7 juta bph dalam beberapa bulan terakhir, dua sumber mengatakan kepada Reuters, Minggu (8/3/2020).

Kerajaan memangkas harga ekspor pada akhir pekan untuk mendorong pabrik penyulingan membeli lebih banyak.

Rusia, salah satu produsen top dunia bersama Arab Saudi dan Amerika Serikat, juga mengatakan mereka dapat meningkatkan produksi dan dapat mengatasi harga minyak yang rendah selama enam hingga 10 tahun.

OPEC, Rusia dan produsen lain telah bekerja sama selama tiga tahun untuk menahan pasokan dalam kelompok yang dikenal sebagai OPEC+.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com