Harga Minyak Anjlok, Harga Pertamax dkk Segera Turun?

Kompas.com - 10/03/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean) Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean)

JAKARTA, KOMPAS.com - Merosotnya harga minyak mentah dunia ke 30 dollar AS per barrel dinilai akan berdampak terhadap penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya BBM non-subsidi, misalnya Pertamax dan Pertalite.

"Kalau harga minyak mentahnya di bawah 30 dollar AS per barrel, ya untuk acuan Brent maka sangat mungkin ke depannya agar BBM jenis non-subsidi, seperti Pertamax dan lain-lain, itu pun akan diturunkan harganya," kata peneliti Indef, Bhima Yudistira Adhinegara, kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Namun, ia melanjutkan, penyesuaian harga BBM tersebut tidak akan cepat diputuskan. Pasalnya, ada perhitungan terkait kondisi harga minyak mentah dunia akibat perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia.

Baca juga: Ini Janji yang Diucapkan Jokowi Dulu untuk Benahi BPJS Kesehatan

Bhima memperkirakan perang dagang minyak antara Arab Saudi dengan Rusia akan berlangsung hingga dua bulan ke depan.

"Tapi, itu memang ada formulasi sehingga tidak bisa langsung dirasakan. Ada jedanya karena bergantung juga dengan berapa lama proses datangnya impor yang baru dan kontraknya berapa lama. Ini bakal berkepanjangan," kata dia.

Perang harga minyak juga diperkirakan akan memberikan dampak ke ekonomi global. Apalagi, permintaan diperkirakan menurun karena China sedang mengalami ancaman penurunan ekonomi akibat virus corona.

Sementara di sisi lain, arah kebijakan dua negara penghasil minyak, yakni Arab Saudi dan Rusia, dinilai sulit ditebak karena keduanya mempunyai dua pertimbangan yang berbeda.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Anjlok, Indonesia Rugi atau Untung?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X