Rupiah Hari Ini Diprediksi Lanjutkan Kenaikan

Kompas.com - 11/03/2020, 09:05 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot Rabu (11/3/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.54 WIB rupiah berada di level Rp 14.320 per dollar AS, menguat 0,22 persen dibandingkan penutupan Selasa Rp 14.351 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi, rupiah menguat terbatas dengan dukungan upaya bank sentral yang memberikan stimulus.

“Upaya pemerintahan negara maju yang kemarin hampir serentak mengumumkan rencana stimulus telah membantu meningkatkan minat pasar terhadap risiko,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Menguat, Ini Penyebabnya

Namun demikian, Ariston menilai saat ini pasar keuangan masih volatile dimana kekhawatiran terhadap dampak virus corona atau Covid-19 masih besar.

“Bila ekspektasi pasar terhadap stimulus tidak terpenuhi, sentimen negatif kembali masuk ke pasar keuangan,” jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.280 per dollar AS sampai dengan Rp 14.400 per dollar AS.

Baca juga: Masih Tertekan Corona, Rupiah Tembus Rp 14.400 Per Dollar AS



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X