Ekspor Lentera Hias, UMKM Ini Raup Omzet Rp 100 Juta Per Bulan

Kompas.com - 11/03/2020, 18:28 WIB
Amin Sutimin pemulik Aneka Karya glass KOMPAS.com/ELSA CATRIANAAmin Sutimin pemulik Aneka Karya glass

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) sudah melebarkan sayap bisnisnya ke pasar ekspor. Penghasilannya pun cukup menggiurkan.

Salah satunya adalah Aneka Karya Glass milik Amin S Sutimin, yang menjual produk lentera. Dari ekspor produknya, Amin meraup omzet hingga Rp 100 juta.

Amin menjelaskan, produk lentera yang diproduksinya berbahan baku kuningan dan kaca. Usaha itu dimulainya dengan modal awal cukup kecil, yakni Rp 3,5 juta saja.

Baca juga: Jadi Penopang Ekonomi, UMKM Harus Diberdayakan

"Dulu 15 tahun yang lalu pertama kali saya buka usaha ini hanya bermodalkan Rp 3,5 juta dan itu hanya untuk biaya beli bahan baku dan peralatan pembuatannya. Kalau omzetnya khusus untuk ekspor saja saya sering dapat Rp 100 juta per bulannya," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (11/2/2020).

Selama 15 tahun berjalan, kini usaha lenteranya berhasil dipasarkan ke dua negara besar, seperti Australia dan Amerika Serikat.

Amin pun tak puas sampai di situ. Ia membidik Jepang sebagai pasar ekspor produk lentera hiasnya.

Di dalam negeri, produk lentera hias kreasi Amin sudah dijual di Jakarta, Solo, dan Bali. Amin mengakui, pangsa pasar domestik dan ekspor produknya cenderung seimbang.

Baca juga: Bermodal Perahu Kecil, Bisnis Ikan Asin Wanita Ini Raih Omzet Rp 19 Juta

Mengenai harga produk, Amin mengaku bervariasi. Untuk produk lentera kecil dibanderol harga Rp 150.000, sementara yang besar Rp 500.000.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X