Bulog Akan Olah Gabah Jadi Beras Premium dengan Harga Lebih Murah

Kompas.com - 12/03/2020, 05:40 WIB
Budi Waseso saat mengecek gudang Bulog di Cakranegara, MATARAM KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDBudi Waseso saat mengecek gudang Bulog di Cakranegara, MATARAM

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulog tak lama lagi akan memproduksi beras premium dengan harga medium atau lebih murah. Produksi beras ini berasal dari gabah petani yang diserap ketika panen raya.

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso mengatakan Bulog tidak lagi memproduksi beras premium. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, kualitas beras medium ternyata dimanipulasi.

"Bulog tidak ada lagi menyediakan beras medium. Karena medium itu yang berakibat kepada masalah kualitas yang dipermainkan, dicampur-campur. Maka pengalaman yang sudah ini, kita nanti memproduksinya beras premium," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Dampak Corona, Erick Thohir Minta Bulog Cek Ketersediaan Stok Pangan

Pengolahan beras premium dengan harga medium tersebut akan dimulai usai menyerap gabah petani dalam waktu dekat.

Sementara, cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar kisaran 1,6 juta ton itu rencananya akan digunakan untuk operasi pasar.

"Medium sisa yang ada akan dihabiskan untuk operasi pasar sesuai dengan harga ketentuan. Next kita menyerapnya gabah, kita yang mengolah dan menggiling. Kita yang menjadikan beras. Jadi tidak ada lagi beras itu medium, tapi premium," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X