Ekonom: Penemuan Vaksin Corona Jadi Kunci Perbaikan Ekonomi Global

Kompas.com - 12/03/2020, 08:19 WIB
Fauzi Ichsan di Jakarta, Selasa (24/8/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAFauzi Ichsan di Jakarta, Selasa (24/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi global tahun ini diproyeksi akan mengalami tekanan akibat merebaknya virus corona sejak awal tahun ini.

Ekonom Senior Fauzi Ichsan mengatakan, baru 2 bulan lebih virus Corona merebak, proyeksi pertumbuhan ekonomi sudah dipangkas ke level 2,5 persen dari sebelumnya 2,9 persen.

"Bursa saham rontok, harga komoditas anjlok, diperburuk dengan perang minyak antara Rusia dan Saudi Arabia," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, industri farmasi memiliki peranan penting saat ini guna meredam dampak negatif virus corona terhadap perekonomian global.

Baca juga: Ini 3 Langkah yang Dilakukan Pemerintah Redam Dampak Virus Corona

Industri farmasi diharapkan mampu segera menemukan vaksin virus yang telah merenggut lebih dari 4.000 jiwa itu.

"Jadi aktivitas ekonomi global bergantung pada seberapa cepat penemuan obat, distribusinya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, mantan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan itu menilai, dengan ditemukannya vaksin diharapkan kepercayaan pasar dapat kembali meningkat.

Selain itu, ia juga mendorong pemerintah di berbagai negara mengeluarkan stimulus berupa kebijakan moneter maupun fiskal.

Untuk kebijakan fiskal, Fauzi mencotohkan pemangkasan suku bunga acuan yang sudah dilakukan oleh berbagai bank sentral dunia.

"Ini harus dibantu dengan fiskal, pemerintah masih punya ruang defisit jadi ada ruang untuk tingkatkan stimulus fiskal. Toh suku bunga global lagi rendah juga, US Treasury misalnya," ucapnya.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X