Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirundung Sentimen Corona, Bagaimana Proyeksi IHSG Hari Ini ?

Kompas.com - 12/03/2020, 08:51 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah ditutup dalam zona merah pada perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (11/3/2020) , Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Kamis (12/3/2020) diproyeksikan bakal tertekan.

IHSG kemarin ditutup pada level 5.154,10 atau turun 1,28 persen (66,72 poin).

Direktur Anugrah Mega Investama, Hans Kwee mengatakan saat ini pasar Asia masih khawatir dengan kemunculan dan dampak virus corona yang membuat kepastian stimulus investasi belum jelas kapan terealisasi.

"Kalau kita lihat kemarin pasar Asia itu masih menunggu kepastian stimulus fiskal yang dijanjikan. Jadi market terkoreksi turun," katanya kepada Kompas.com.

Baca juga: IHSG Jeblok ke Level Terendah Sejak 2016, Apa yang Harus Dilakukan Investor?

Hans juga menyebut, pagi ini indeks Dow Jones turun sehingga berpotensi menggerek IHSG untuk melanjutkan posisi pelemahan.

"Tadi pagi indeks Dow Jones turun, karena market di AS masih menunggu kepastian pajak penghasilan 0 persen yang dijanjikan Persiden AS Donald Trump. Jadi indeks kita (IHSG) pagi ini kemungkinan masih mengalami penurunan ya," ungkapnya.

Terkait dengan kebijakan buyback saham saat ini ada 12 emiten BUMN yang bakal buyback saham. Namun sejauh ini 12 BUMN itu masih menunggu waktu yang tepat agar saat harga saham mulai stabil, perusahaan tidak rugi.

"Tampaknya mereka masih menuggu momen tepat dan melihat (potensi keuntungan). Mereka harus ngecek valuasi perusahaan mereka, kalau valuasi sudah murah maka akan mengeluarkan kebijakan buyback saham" ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com