Ahok dan Tumiyana Masuk Bursa "Gubernur" IKN, Ini Kata Wamen BUMN

Kompas.com - 12/03/2020, 10:50 WIB
Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin bersama Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAWakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin bersama Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak dua pejabat Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) menjadi kandidat Kepala badan otorita ibukota baru negara atau IKN.

Kedua petinggi BUMN itu adalah, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan Komisaris Utama Pertamina dan Tumiyana, Direktur Utama Wijaya Karya (Wika).

Terkait hal itu, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa terdapat aturan yang harus dipatuhi.

"Setahu saya kalau dia nanti terpilih sebagai Kepala badan otorita ibukota baru, boleh jadi Komisaris BUMN tapi tidak boleh menjabat direksi BUMN," ujar Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Luhut: Ahok Tak Minta Restu Jadi Kepala Otoritas Ibu Kota Baru

Budi Gunadi juga menambahkan bahwa masuknya sejumlah pengurus BUMN ke dalam bursa calon kepala badan otorita ibukota, baru sebatas kabar dari media.

Belum tentu sejumlah pengurus BUMN yang masuk bursa calon tersebut nantinya apakah akan terpilih atau tidak sebagai kepala badan otorita ibukota baru.

"Setahu saya kalau jadi menjabat kepala badan tidak boleh menjadi direktur tapi boleh menjabat sebagai komisaris BUMN," kata Wamen BUMN tersebut.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa sosok Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara akan segera diputuskan.

Baca juga: Profil Tumiyana, Juragan Sapi, Calon CEO Ibu Kota Baru Pesaing Ahok

Halaman:


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X