Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Akses Kredit ke UKM, Danamon Gandeng Investree

Kompas.com - 12/03/2020, 18:06 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) menggandeng PT Investree Radhika Jaya (Investree) untuk menyalurkan kredit usaha atau loan channeling bagi Usaha Kecil Menegah (UKM) di Indonesia.

Wakil Direktur Utama Bank Danamon Michellina Triwardhany mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Bank Danamon dan Investree untuk memperluas akses kredit kepada UKM.

"Kami ingin memastikan para pelaku usaha mendapatkan dukungan dari perbankan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia yang dimana UKM adalah tulang punggung perekonomian kita dan kami juga ingin menunjukkan bahwa perbankan dan bisnis teknologi finansial dapat saling melengkapi untuk mendukung inklusi finansial," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Danamon Gandeng Mercedes-Benz Untuk Pembiayaan Diler

Berdasarkan data tahun 2018 dari Kemenkop UKM ada 74 persen dari 63 juta jumlah UKM di Indonesia yang tidak memiliki akses untuk kredit. Oleh sebab itu lanjut Michellina, hal ini juga yang membuat Bank Danamon ingin melakukan kerja sama dengan Investree.

Michellina menyebutkan, skema kerja sama yang dilakukan antara Danamon dengan Investree dilakukan dengan skema loan channeling.

Dalam hal ini, nasabah mengajukan kredit melalui platform yang dimiliki oleh Investree lalu Investree akan melakukan analisis dan penilaian atas calon penerima pinjaman. Setelah itu nasabah akan disaring berdasarkan kriteria yang dimiliki oleh Danamo dan Investree dan dilanjutkan dengan proses indentifikasi.

"Setelah proses tadi dilakukan baik penyeleksian dan identifikasi, kami juga langsung memberitahukan scoring result-nya dan merekomendasikan limit kredit beserta biaya bunga yang disesuaikan dengan kemampuan calon borrower," sebutnya.

Adapun jumlah pinjaman yang diberikan ke para UKM untuk dipinjam berkisar Rp 200 juta hingga Rp 2 miliar.

Sementara itu Co-Founder & CEO Investree Andrian Gunandi mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini. Apalagi Investree bukanlah pertama kali melakukan kerja sama dengan pihak bank dalam hal penyaluran pembiayaan kepada UKM.

"Hal ini semakin membuktikan bahwa sinergitas antara fintech dan bank mampu memberikan dampak positif kepada UKM dan adanya dukungan dari Bank Danamon juga akan kami maksimalkan untuk menambah deretan inovasi yang kaya manfaat bagi target khalayak kami terutama UKM yang berkembang," katanya.

Baca juga: Merger Rampung, Danamon Tunjuk Yasushi Itagaki Jadi Dirut Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com