Erick Thohir Tak Akan Tambah Porsi Buyback Saham BUMN

Kompas.com - 12/03/2020, 19:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau kesiapan Stasiun Gambir dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, Kamis (12/3/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri BUMN Erick Thohir saat meninjau kesiapan Stasiun Gambir dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, Kamis (12/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan tak akan menginstruksikan perusahaan pelat merah untuk menambah porsi buyback sahamnya.

Hal ini diungkapkan Erick saat ditanyai tanggapannya mengenai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terpantau mengalami penurunan sebesar 5,01 persen ke level 4.895,75.

“Enggak. Kita kan kembali, konsekuensinya harus jaga keuangan perusahaan. Kalau perusahaan lagi lemah, diharapkan buyback, (maka) nanti enggak produktif,” ujar Erick di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: IHSG Jeblok, BUMN Pertimbangkan Buyback Saham

Erick menyebut, proses buyback saham perusahaan pelat merah akan dilakukan secara bertahap. Proses tersebut akan dilakukan sesuai kondisi pasar.

“Yang namanya buyback bukan berarti diperintahkan uangnya langsung dihabiskan, proses dari buyback terus berjalan,” kata Erick.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau mengalami penurunan sebesar 5,01 persen ke level 4.895,75 pada perdagangan saham hari ini, pukul 15.33 WIB.

Ini menyebabkan perdagangan saham dihentikan selama 30 menit.

Baca juga: Erick Thohir Perintahkan 12 BUMN Buyback Saham Senilai Rp 8 Triliun

Hal ini sesuai dengan aturan yang diterapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak kemarin, Rabu (11/3/2020).

Dalam aturan OJK, apabila IHSG merosot sebesar 5 persen, maka perdagangan saham disetop selama 30 menit.

Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal II OJK Fahri Hilmi mengatakan, penghentian perdagangan pasar saham sudah mulai dilakukan pada pukul 15.33 WIB.

Namun, dikarenakan waktu yang berdekatan dengan pukul 16.00 WIB, maka penghentian perdagangan dilakukan secara bersamaan dengan penutupan pasar.

"Sekarang (IHSG) di 4.895 dan haltingnya setengah jam. Karena sekarang di halting pukul 15.33 berarti secara technically langsung penutupan, tinggal besok dibuka lagi," ujarnya, di Padang, Kamis (12/3/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X