Anjlok 5 Persen, BEI Kembali Hentikan Perdagangan Sementara

Kompas.com - 13/03/2020, 10:20 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Jebloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Jumat (13/3/2020), membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali melakukan penghentian sementara perdagangan saham.

"Kami menginformasikan pada hari ini, terjadi pembekuan sementara perdagangan (trading halt) pada sistem perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada pukul 09:15:33 waktu JATS yang dipicu penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai 5 persen," kata Sekretaris Perusahaan BEI, Yulianto Aji Sadono.

Hal itu dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00024/BEI/03-2020 tanggal 10 Maret 2020 perihal Perubahan Panduan Penanganan Kelangsungan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia dalam Kondisi Darurat.

Baca juga: IHSG Jeblok, Saatnya Investor Balik ke Pasar Modal

"Perdagangan akan dilanjutkan pukul 09:45:33 waktu JATS tanpa ada perubahan jadwal perdagangan," jelasnya.

Hal ini merupkan yang kedua kalinya BEI menghentikan perdagangan saham dalam dua hari berturut-turut.

Sebelumnya BEI menghentikan perdagangan pada Kamis (12/3/2020) sore kemarin karena IHSG anjlok 5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat berita ini tayang, perdagangan sudah kembali berlangsung. Pukul 10.10 WIB, IHSG masih terbenam di zona merah dengan melorot 231,41 (4,73 persen) pada 4.654,34.

Baca juga: Pembukaan Perdagangan, IHSG Jeblok Lagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.