Wabah Virus Corona, AS Bebaskan Tarif Impor untuk Produk Medis China

Kompas.com - 13/03/2020, 12:40 WIB
. SHUTTERSTOCK.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat memberikan pengecualian tarif impor untuk beberapa produk medis dari China. Hal ini diutarakan langsung oleh Kantor Perwakilan Dagang AS pada Kamis (12/3/2020) waktu setempat.

Adapun produk medis yang dimaksud termasuk masker wajah, penutup stetoskop, dan selongsong manset tekanan darah.

Dikutip Reuters, Jumat (13/3/2020), AS menyatakan, pengecualian diberikan karena adanya wabah virus corona. Virus corona disebut mengancam sistem layanan kesehatan AS.

Baca juga: Shopee Jamin Produk China yang Dijual Terbebas Virus Corona

Pada awal bulan ini, AS juga memberikan pengecualian untuk produk medis China lainnya, termasuk tisu pembersih tangan dan sarung tangan.

Produk-produk itu dimasukkan dalam putaran keempat tarif barang-barang Cina yang diberlakukan oleh Presiden Donald Trump pada 1 September 2019, di tengah negosiasi perdagangan AS-China.

Sebelum dibebaskan tarif, produk medis China awalnya ditetapkan tarif sebesar 15 persen. Kemudian tarif tersebut diturunkan menjadi 7,5 persen pada 15 Februari lalu sebagai bagian dari perjanjian perdagangan fase I AS-China.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesepakatan itu menetapkan tarif sekitar 370 miliar dollar AS untuk impor dari China, termasuk 25 persen bea atas barang bernilai sekitar 250 miliar dollar AS.

Baca juga: UMKM Pun Terdampak Virus Corona, Transaksi Anjlok

Baca tentang


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X