Kompas.com - 13/03/2020, 13:26 WIB
Direktur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking bank bjb, Rio Lanasier saat memaparkan QRIS. Dok BANK BJBDirektur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking bank bjb, Rio Lanasier saat memaparkan QRIS.

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) menggenjot transaksi digital. Salah satunya dengan membidik pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan ritel.

“Saat ini, transaksi digital kami mencapai 6,2 juta per bulan,” ujar Direktur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking bank bjb, Rio Lanasier di Bandung, Jumat (13/3/2020).

Rio menjelaskan, dengan penggunaan fitur Quick Response Indonesian Standard (QRIS), bank bjb berharap bisa menaikkan transaksi 1 juta kali per bulan.

Baca juga: Implementasi QRIS, Bank BJB Sasar Pedagang Kecil

QRIS, sambung Rio, mempermudah transaksi. Dengan penggunaan ini masyarakat diharapkan tidak melakukan transaksi tunai.

"Kami akan melakukan penetrasi ke masyarakat untuk financial inklusif ini, untuk menggerakkan ekonomi,” imbuhnya.

Menurut dia, QRIS merupakan perangkat hasil inovasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk semakin memberi kemudahan dan perluasan manfaat bagi masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Pribadi Santoso berharap, QRIS makin banyak digunakan masyarakat. Mereka akan memudahkan dalam melakukan pembayaran, tanpa harus gunakan uang cash.

Ia menjelaskan, uang elektronik lebih aman. Namun yang terpenting, setiap transaksi nasabah akan tercatat.

“Sehingga bank bisa melakukan kredit profile. Kalau bank sudah tahu, bank lebih mudah berikan pembiayaan, karena yakin dia punya usaha baik dan layak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.