Kompas.com - 13/03/2020, 14:35 WIB
Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida Humas OJKWakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida

PADANG, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah fokus meningkatkan inklusi dan literasi terhadap jasa keuangan di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar.

Salah satu langkah yang dilakukan ialah melalui program One Student One Account (OSOA) untuk memastikan mereka memiliki rekening tabungan.

Kali ini, OJK melakukan kerja sama dengan Universitas Andalas, Padang.

“Upaya kita untuk melakukan kerja sama dalam membangun ekonomi Indonesia dengan meningkatkan peran mahasiswa dalam perekonomian Indonesia,” kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida, di Universitas Andalas, Padang, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: OJK: Jumlah Investor Saham di Sumbar Bertambah 4.403 Sepanjang 2019

OJK mencatat, inklusi keuangan setiap tahunnya mengalami peningkatan, dan pada tahun 2019 sudah berhasil mencapai 76,19 persen.

Kendati demikian, sampai dengan tahun lalu literasi keuangan baru mencapai 38,03 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, Nurhaida mengaku belum puas dengan pencapaian tersebut karena potensi perekonomian Indonesia masih besar sehingga diharapkan seluruh mahasiswa dapat memiliki akun produk keuangan.

“Kalau menabung maka mereka tahu ternyata di perekonomian kita ada produk untuk berinvestasi dalam hal ini menabung. Lalu diharapkan mereka bisa meningkat menjadi memahami ada investasi lain di sektor keuangan,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa nantinya diharapkan berperan aktif dalam melakukan sosialisasi terkait produk sektor jasa keuangan tidak hanya di lingkungan kampus melainkan juga kepada masyarakat luas.

“Usulan dari Pak Rektor bahwa peran dari mahasiswa untuk bisa berlaku aktif di masyarakat dalam artian tidak hanya di kampus itu sangat dibutuhkan bagi pembangunan perekonomian kita,” kata dia.

Dengan peran aktif masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan inklusi serta literasi keuangan secara nasional yang saat ini dinilai masih kurang.

Baca juga: OJK Sebut Ada 4 Emiten Berencana Lakukan Buyback Saham

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.