2 Rahasia Sukses Pebisnis dan Trader Saham

Kompas.com - 16/03/2020, 06:09 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

BICARA tentang bisnis dan saham, sangat erat sekali dengan perjalanan hidup saya selama 13 tahun ini.

Di tahun 2007, saya mulai tertarik berinvestasi saham. Lebih tepatnya, saya “diceburkan” oleh suami untuk berinvestasi saham. Alasannya sederhana. Pada waktu itu saya sungguh ingin produktif, ingin bekerja, ingin berbisnis. Sementara itu, suami tidak menginginkan saya untuk terlalu sibuk berbisnis karena itu saya juga baru saja menyandang status sebagai seorang ibu baru, yang harus meluangkan banyak waktu untuk mengurus si kecil.

Dan memang benar… pilihan untuk mulai berinvestasi dan trading saham waktu itu menjadi sebuah solusi yang win-win! Tanpa meninggalkan keluarga, saya masih bisa produktif, dan yang terpenting kebutuhan saya untuk bertumbuh terpenuhi.

Melalui investasi dan trading saham, tidak hanya keuntungan secara materi yang saya dapat, namun juga personal growth.

Hari demi hari saya belajar investasi dan trading saham, membagikan ilmu kepada banyak orang untuk berinvestasi saham, membuat bertemu dengan banyak orang yang mempunyai value yang sama, yaitu lingkungan yang mempunyai growth mindset dan mendapat pengalaman baru yang membuka pola pikir saya.

Hari demi hari, saya mengalami perubahan persepsi, dan mengalami paradigm shift. Tidak hanya itu. Mental dan keberanian saya pun semakin bertumbuh.

Kalau dulu, sedikit-sedikit bertindak, saya takut salah. Sehingga ketika berinvestasi / trading saham pun saya memiliki profil risiko yang cukup konservatif pada waktu itu.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya menjadi semakin berani, berani menerima kenyataan bahwa melakukan kesalahan itu sangatlah wajar, dengan syarat: risiko yang akan muncul harus sudah diperhitungkan sejak awal, dan diantisipasi jika sampai benar-benar terjadi.

Di tahun 2017 saya berkesempatan untuk belajar langsung dengan David Ryan, trader dan investor saham legendaris, yang menjuarai US Investing Championship 3 tahun berturut-turut di era 80 an.

Dari David Ryan, saya belajar 1 hal yang terpenting bagi seorang trader saham dan juga sebagai investor, yaitu dengan : mengukur risiko dari awal, memulai dari modal kecil, lakukan test dan ukur terus menerus. Tambahkan modal jika hasil meningkat, kurangi transaksi jika terjadi beberapa kali kerugian. Begitu terus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X