Bank Sentral AS Pangkas Suku Bunga Acuan hingga 0 Persen

Kompas.com - 16/03/2020, 07:33 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank Sentral Amerika Serikat, the Federal Reserve pada Minggu (15/3/2020) waktu setempat mengumumkan bakal memangkas suku bunga acuan hingga  0 persen.

Hal itu dilakukan sebagai langkah tegas dan darurat yang dilakukan bank sentral untuk mendukung perekoknomian di tengah pandemik virus corona.

Pemangkasan suku bunga tersebut lebih cepat dari yang diprediksi oleh pasar. Hal itu dirancang untuk mencegah lonjakan kredit macet dan disrupsi di pasar keuangan.

Terakhir kali The Fed memangkas suku bunganya hingga 0 persen adalah saat krisis keuangan global lebih dari 10 tahun yang lalu.

Baca juga: Makin Kecil, Berikut Suku Bunga Deposito Perbankan Hari Ini

Jajaran dewan gubernur bank sentral akan bertemu pekan ini dan melaporkan hasil pertemuan tersebut pada Rabu (18/3/2020).

Sebelumnya, bank sentral telah menurunkan suku bunga setengah poin persentase pada 3 Maret 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan darurat yang diambil The Fed menunjukkan, bank sentral meyakini roda penggerak mesin ekonomi AS kian tergerogoti dan harus segera diselamatkan.

Pasar saham Amerika Serikat satu pekan ini jatuh ke pasar bearish untuk pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir.

Hal itu terjadi lantaran investor kian mengkhawatirikan situasi perekonomian global bisa terperosok ke resesi yang lebih dalam. Pasalnya, banyak orang yang melakukan karantina atas diri mereka sendiri di rumah dan pergerakan yang terjadi terhenti begitu saja hampir di seluruh dunia.

"Dunia sedang menghadapi situasi pandemik dan untuk saat-saat yang luar biasa seperti sekarang, kita perlu perhitungan yang luar biasa pula," ujar Chief Market Analyst Avatrade Nadeem Aslam.

Baca juga: Pemangkasan Suku Bunga oleh Bank Sentral AS Bikin Rupiah Moncer

Halaman:
Baca tentang


Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.