Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha: Kerja dari Rumah Saat Ini Jadi Prioritas

Kompas.com - 16/03/2020, 14:33 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyak perusahaan di kawasan Jakarta yang mendorong karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Hal ini berkaitan dengan pandemik virus corona yang jumlah kasusnya terus meningkat di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani pun mengatakan, untuk saat ini memang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi prioritas.

Baca juga: Anies Pertimbangkan Jakarta Lockdown, Penyewa Mal Keberatan

Menurut Shinta, keselamatan pekerja harus menjadi priroitas perusahan dan pengusaha pun tidak ingin tempat kerja menjadi tempat penyebaran wabah.

"Kami sangat tidak menginginkan adanya penyebaran wabah di tempat kerja atau penyebaran wabah karena pekerjaan. Kami juga secara aktif sudah melakukan upaya mandiri untuk mencegah penyebaran wabah ini di tempat kerja," ujar Shinta ketika dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Lebih lanjut, imbuh Shinta, pengusaha dalam satu minggu terakhir telah melakukan upaya pencegahan mulai dari mengatur penyediaan hand sanitizer di kantor, meniadakan atau membatalkan perjalanan bisnis dan acara-acara besar atau pertemuan yang melibatkan banyak orang, hingga kebijakan bekerja dari rumah.

"Sebelum ada langkah kebijakan yang diambil pemerintah, kami mengimbau agar setiap perusahaan di Indonesia secara aktif melakukan tindakan pencegahan penyebaran wabah di perusahaannya masing-masing," ujar Shinta.

Baca juga: ASN Boleh Kerja dari Rumah hingga 31 Maret 2020

"Ini bisa dilakukan dengan mengambil salah satu opsi yg sudah disebutkan tadi: menghindari/menghentikan pertemuan/acara besar yang melibatkan kerumunan orang, membatasi kontak dengan orang lain (social distancing), working remotely/working from home, membatasi perjalanan bisnis, merumahkan pekerja yang tidak sehat, dan lain-lain.," jelas dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com