Kompas.com - 16/03/2020, 17:30 WIB
Logo Bank Indonesia (BI). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mengantisipasi dampak penyebaran virus corona melalui mekanisme bekerja dari rumah (work from home). Kebijakan tersebut mulai diterapkan pada esok hari (17/3/2020).

"Dalam menjaga keberlangsungan tugas BI dan sekaligus mengantisipasi dampak penyebaran COVID-19, BI menetapkan antara lain mekanisme bekerja dari rumah (work from home) bagi seluruh pegawai Bank Indonesia," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko, Senin (16/3/2020).

Onny menjelaskan, mekanisme bekerja dari rumah berlaku bagi seluruh pegawai. Di dalam mekanisme itu diatur pegawai yang boleh bekerja dari rumah dan yang harus tetap bekerja di kantor.

"Ini dilakukan untuk membatasi penyebaran Covid-19, di sisi lain untuk kelangsungan tugas dan layanan BI," terang Onny.

Meski karyawan bekerja dari rumah, namun BI tetap membuka layanan BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), serta transaksi operasi moneter Rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS).

Baca juga: Ini Tips Bekerja di Tengah Wabah Virus Corona

Layanan lain adalah Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), serta Layanan penarikan dan penyetoran uang Rupiah dari perbankan/PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, layanan yang banyak melibatkan interaksi sosial, untuk sementara waktu ditiadakan atau ditutup terhitung per hari ini.

Layanan BI yang ditutup sementara waktu itu, yaitu layanan kas keliling baik dalam kota maupun ke daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di seluruh Indonesia, layanan penukaran uang rusak dan klarifikasi uang palsu oleh masyarakat maupun perbankan di seluruh Indonesia.

Kemudian, layanan publik seperti kunjungan publik ke BI, Visitor Center BI, Museum Bank Indonesia, dan Perpustakaan Bank Indonesia juga ikut diliburkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.