Lanjutkan Pelemahan, IHSG Ditutup Turun 4,42 Persen

Kompas.com - 16/03/2020, 18:11 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) kembali turun tajam yakni 4,42 persen atau penurunan hampir 22 persen selama sebulan.

IHSG ditutup pada level 4.690,65 atau turun 216,91 poin (4,42 persen) dibanding penutupan Jumat pekan lalu 4.907,57.

Sepanjang pergerakannya, IHSG sempat menyentuh level terendah pada pukul 14.00 WIB di level 4.677,75 dan level tertinggi pada 4.904,53.

Baca juga: BPJamsostek Siap Masuk Ke Pasar Modal untuk Borong Saham

Sebanyak 69  saham melaju di zona hijau dan 351 saham merah. Sedangkan 94 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 6,4 triliun dengan volume 5,5 miliar saham.

Seluruh saham Asia terpantau berada di zona merah. Indeks Nikkei turun 2,46 persen. Hang Seng turun 4,03 persen dan Shanghai Composite Index juga turun 3,40 persen. Strait Times Indeks juga turun 5,25 persen.

Head of Research PT MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan kebijakan stimulus tahap II dari pemerintah belum optimal, sehingga kecil kemungkinan saham bisa terkerek naik.

"Kita belum melihat apakah korban atau orang yang terjangkit sudah memasuki puncak apa belum. Ada yang bilang, antara April sampai Mei. Tapi kalau banyak orang terjangkit dan meninggal, stimulus itu enggak cukup," jelasnya.

Sementara itu pada penutupan kemarin indeks bursa AS tampak positif dimana S&P 100, Nasdaq dan Dow Jones terlihat merah. Namun ini tak berdampak pada naiknya IHSG.

"Indeks bursa AS tidak berdampak (pada IHSG). Ekspektasi orang kita naik, tp buktinya kita minus 200. Tapi enggak berpengaruh, karena orang melihat nanti malam Dow Jhon (mungkin) turun lagi," tambahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X