Jack Ma Sumbang 500.000 Alat Tes Virus Corona dan 1 Juta Masker ke AS

Kompas.com - 16/03/2020, 19:43 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Alibaba sekaligus orang terkaya di Asia, Jack Ma, telah mengirimkan bantuan masker dan alat tes virus corona ke Amerika Serikat.

Dilansir dari BBC, Senin (16/3/2020), dalam akun Twitter pribadinya, Ma mengunggah dua foto kargo berisi masker dan alat tes virus corona dimasukkan ke dalam pesawat di Shanghai, China.

Pada awal bulan ini, Ma menyatakan bakal menyumbang 500.000 alat tes virus corona dan 1 juta masker ke Negeri Paman Sam.

Baca juga: Jack Ma Jadi Orang Terkaya di Asia, Geser Miliarder India

Tidak hanya itu, Ma juga mengirimkan sejumlah pasokan peralatan kesehatan ke Eropa. Ini adalah salah satu upaya dari seruannya terkait pentingnya kerja sama internasional untuk melawan wabah virus corona.

Dalam unggahan pertama pada akun Twitter-nya, Ma menyajikan foto pesawat China Eastern Airlines diisi dengan kargo berupa boks-boks alat tes virus corona dan masker. Pesawat itu kemudian terbang ke AS.

Pada pekan lalu, Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation mengumumkan telah mempersiapkan 500.000 unit alat tes virus corona dan 1 juta lembar masker untuk dikirim ke AS.

Kedua yayasan tersebut juga telah mendonasikan alat-alat kesehatan ke negara lainnya, termasuk Jepang, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Spanyol.

Baca juga: Ingin Sukses Seperti Jack Ma dan Bill Gates? Tidur 8 Jam Sehari

Sebanyak 2 juta unit masker pelindung akan didistribusikan pula ke penjuru Eropa.

Pengiriman pertama berupa 500.000 lembar masker dan alat kesehatan lainnya termasuk alat tes virus corona, telah tiba di Belgia pada Jumat pekan lalu. Alat-alat kesehatan ini selanjutnya dikirim ke Italia.

Ma bergabung dalam sejumlah miliarder teknologi yang memberikan donasi untuk penanganan, riset, dan pencegahan virus corona.

Sebelumnya, pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya kedua di dunia Bill Gates, mengumumkan bakal menyumbang 100 juta dollar AS atau setara sekira Rp 1.492 triliun (kurs Rp 14.926 per dollar AS) untuk membantu upaya penghentian penyebaran virus corona.

Donasi ini disalurkan melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Baca juga: Jack Ma Donasi Rp 201,6 Miliar Untuk Perawatan Pasien dan Riset Vaksin Virus Corona

Sejumlah pemilik raksasa teknologi China seperti Tencent, Didi Chuxing, Tiktok, dan ByteDance juga telah berkomitmen menyumbang uang dan sumber daya untuk menangkal penyebaran virus corona.



Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X