Transjakarta Tambah Jam Operasional

Kompas.com - 17/03/2020, 08:03 WIB
Penumpukan penumpang di halte transjakarta Mangga Besar, Jakarta Barat,  Senin (16/3/2020). Penumpang menumpuk karena waktu kedatangan antara bus (headway) lama. Pemprov DKI sengaja mempanjang waktu tunggu antar bus dalam upaya mencegah penularan virus corona dengan membatasi orang bepergian. Yang terjadi penumpang justru menumpuk di halte-halte. Dokumentasi IstimewaPenumpukan penumpang di halte transjakarta Mangga Besar, Jakarta Barat, Senin (16/3/2020). Penumpang menumpuk karena waktu kedatangan antara bus (headway) lama. Pemprov DKI sengaja mempanjang waktu tunggu antar bus dalam upaya mencegah penularan virus corona dengan membatasi orang bepergian. Yang terjadi penumpang justru menumpuk di halte-halte.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta) menambah jam operasional dan rute mulai hari ini, Selasa (17/3/2020).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, penambahan rute tersebut untuk mengurangi penumpukan penumpang di halte.

Nantinya, jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga 2 kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi.

"Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte," kata Nadia dalam siaran pers, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Transjakarta Operasi Normal, Tak Ada Antrean di Halte Puri Beta Ciledug Pagi Ini

Adapun, jumlah rute yang dioperasikan ditambah menjadi 123 rute. Rute tersebut bakal melayani menumpang sejak pukul 05:00 WIB hingga 22:00 WIB untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute Layanan Angkutan Malam Hari (Amari) mulai pukul 22:00 WIB hingga 05:00 WIB.

Jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian sebagai berikut:

1. 15 rute BRT dalam koridor

2. 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota

3. 4 rute RoyalTrans

4. 10 rute Transjabodetabek

5. 69 rute Mikrotrans

Baca juga: Kemenhub Minta Anies Baswedan Atasi Antrean Penumpang Transjakarta

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X