Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanjutkan Pelemahan, Rupiah Makin Dekati Level Rp 15.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 17/03/2020, 09:07 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (17/3/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.04 WIB rupiah berada di level Rp 14.995 per dollar AS, melemah 0,42 persen dibanding penutupan Senin pada Rp 14.933 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen wabah virus corona masih mendominasi sehingga membuat aset berisiko tertekan.

“Kelihatannya sentimen masih belum membaik. Aset-aset berisiko masih tertekan, semalam Wall Street jatuh dalam lebih dari 12 persen,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Anjlok, Rupiah Ditutup Dekati Rp 15.000 Per Dollar AS

Kekhawatiran pasar terhadap penyebaran wabah corona masih tinggi terbukti dengan penutupan saham bursa AS yang menunjukkan indeks Nikkei 225 Futures bergerak positif dan S&P Futures yang juga positif.

“Mungkin berita persiapan stimulus dari pemerintah AS membantu mengangkat sentimen sebagian pelaku pasar,” katanya.

Pemerintah AS sejauh ini masih bernegosiasi dengan Senat untuk menggelontorkan paket stimulus yang lebih besar.

Sementara itu, pemerintah Selandia Baru juga merilis stimulus 12,1 miliar dollar Selandia Baru pagi ini. Bank Sentral Australia juga mempersiapkan stimulus moneter lanjutan.

“Rupiah masih berpotensi tertekan karena kekhawatiran penyebaran corona namun sentimen stimulus AS bisa membantu menahan pelemahan rupiah,” tambahnya.

Ariston memproyeksikan rupiah pagi ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.000 per dollar AS.

Baca juga: Awali Pekan, Rupiah Pagi Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com