Antisipasi Corona, Luhut: Kami Mau Bikin 14 Hari Karantina buat yang Datang ke Indonesia

Kompas.com - 17/03/2020, 09:19 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan video streaming melalui Youtube akun resmi kementerian tersebut, hari ini (16/3/2020), di Jakarta. KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan video streaming melalui Youtube akun resmi kementerian tersebut, hari ini (16/3/2020), di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah sedang mengkaji penerapan sistem karantina mandiri selama 14 hari bagi pendatang yang masuk ke Indonesia.

Hal itu untuk mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia.

"Kami sedang berpikir sekarang dari negara-negara yang kita duga banyak kemungkinan virus corona, kami mau bikin 14 hari karantina juga untuk yang mau datang ke Indonesia," kata Luhut lewat konferensi video, Jakarta, Senin (16/3/2020) malam.

Baca juga: Perangi Corona, Arab Saudi Tutup Mal dan Restoran

Dia menyebutkan, pemerintah tidak ada pikiran untuk memberlakukan lockdown alias karantina wilayah.

"Kalau lockdown belum sama sekali kita pikirkan ke sana," ujarnya.

Menhub ad Interim ini juga mengatakan, meski imbauan pemerintah untuk meminimalkan interaksi dengan orang banyak dan beberapa tujuan wisata ditutup sementara selama 14 hari, ternyata tidak menyurutkan wisatawan domestik berkunjung ke Bali.

"Dari sisi pariwisata, memang ini aneh juga. Orang yang pergi ke Bali sekarang domestik banyak sekali," ujarnya.

Baca juga: Hadapi Corona, Chatib Basri Sarankan Pemerintah Lakukan 5 Kebijakan Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X