Isu Virus Corona Tak Pengaruhi Perdagangan Berjangka Komoditas

Kompas.com - 17/03/2020, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi mengatakan, kondisi perekonomian secara global yang melambat akibat adanya pandemi virus corona (Sars Cov-2), tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap perdagangan berjangka komoditas.

“Secara nasional, mungkin isu corona akan memberikan pengaruh. Tapi dari sektor perdagangan berjangka komoditi, kami melihat bahwa persoalan corona tidak akan mengganggu terlalu jauh teradap kinerja perdagangan berjangka komoditi," katanya melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Bahkan, Fajar optimis, perdagangan berjangka komoditas akan tumbuh lebih dari 15 persen tahun ini, dibanding tahun 2019.

"Data perdagangan yang terlihat positif dan terus mengalami pertumbuhan. Dengan peran serta semua stakeholder, kami masih optimis, pertumbuhan di perdagangan berjangka komoditi ditahun 2020 bisa lebih dari 15 persen dibandingkan tahun 2019," ujarnya.

Dalam 2 bulan pertama di tahun 2020, rata-rata transaksi harian mencapai 40.286,4 lot (exclude Single Stock).

Transaksi trersebut meliputi Komoditi SPA sebesar 69.41 persen, Index 8.05 persen, Currrency 7.42 persen, Primer 15.01 persen dan Single Stock 0.03 persen. Dari sektor pasar fisik komoditas, untuk transaksi timah murni batangan mencatatkan volume transaksi 2,939 lot.

Fajar memprediksikan, komoditas timah batangan tahun ini akan mendongkrak tumbuhnya transaksi perdagangan berjangka komoditas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di tahun 2020, selain di transaksi perdagangan berjangka komoditi, sektor pasar fisik kami proyeksikan juga akan tumbuh. Masuknya komoditas timah batangan di pasar fisik, diperkirakan juga akan menggairahkan perdagangan di bursa komoditi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.