RI Peringkat 4 Negara dengan Direktur Perempuan Terbanyak

Kompas.com - 17/03/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesetaraan gender kini sudah banyak diaplikasikan di banyak perusahaan.

Proporsi perusahaan mid-market dengan setidaknya satu wanita di jenjang manajemen senior di seluruh dunia bertahan stabil di 87 persen. Angka ini naik hampir 20 poin selama lima tahun terakhir.

Data tersebut dipublikasikan pada laporan Women In Business 2020 yang dirilis Grant Thornton International.

Baca juga: Wanita Karier di Indonesia Lebih Berani Minta Promosi Jabatan

Menurut laporan tersebut, Indonesia dan Meksiko menduduki urutan ke-4 dengan persentase perempuan di posisi manajemen senior paling banyak, yaitu 37 persen.

Filipina menempati urutan tertinggi, yaitu 43 persen, diikuti oleh Afrika Selatan (40 persen) dan Polandia (38 persen).

Laporan ini juga memperlihatkan upaya mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia, seperti memberikan bimbingan dan pembinaan (52 persen), menciptakan budaya inklusif (35 persen), dan penetapan target atau kuota untuk keseimbangan gender di tingkat senior (31 persen) memperlihatkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Sangat menggembirakan melihat upaya yang sudah dilakukan ketika perusahaan-perusahaan mid-market meningkatkan upaya untuk mendorong kemajuan dan aksesibilitas ke posisi kepemimpinan untuk wanita," kata Francesca Lagerberg, global leader, Grant Thornton International dalam keterangannya, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir: Kesetaraan Gender Membaik, tetapi...

"Pada tahun 2018 kita melihat adanya peningkatan tajam dalam representasi wanita di tingkat senior, namun angka tahun ini tercatat stabil dan ini berarti bahwa perubahan di posisi senior masih akan terjadi," terang Lagerberg.

Menariknya, tahun ini terdapat peningkatan pada kesetaraan gender di level pemimpin tertinggi perusahaan-perusahaan.

Jika tahun sebelumnya hanya 15 persen perusahaan di dunia yang posisi CEO dijabat oleh wanita, tahun ini naik menjadi 20 persen.

Di Indonesia juga ada sedikit peningkatan, yaitu di angka 20 persen, dibanding tahun sebelumnya yang berada pada angka 19 persen.

Baca juga: WEF: Butuh 2,5 Abad untuk Perempuan Capai Kesetaraan di Dunia Kerja

Laporan ini juga menunjukkan tiga posisi terbanyak yang diduduki wanita di jenjang manajemen senior di Indonesia, yaitu Chief Finance Officer (CFO) sebanyak 48 persen, Human Resources Director sebanyak 26 persen, dan Chief Information Officer (CIO) sebanyak 25 persen.

"Adalah penting bagi perusahaan-perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong kemudahan akses bagi wanita-wanita untuk tumbuh dan berkembang. Kesetaraan gender memberikan banyak manfaat bagi dunia usaha berkat sudut pandang yang lebih menyeluruh," jelas Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X