Lakukan Sterilisasi Pesawat, Lion Air : Tidak Hanya Dilakukan Karena Wabah Virus Corona

Kompas.com - 17/03/2020, 17:45 WIB
Penyemprotan disinfektan di pesawat Lion Air, Jumat (6/3/2020) Dok. Lion AirPenyemprotan disinfektan di pesawat Lion Air, Jumat (6/3/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Lion Air melakukan sterilisasi semua pesawat yang beroperasi sebagai bentuk pengawasan kesehatan dan pencegahan penyebaran virus corona.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tindakan ini sesuai dengan kebijakan regulator dan standar penerbangan internasional.

"Momen hari ini adalah bagian Lion Air memastikan kesehatan, keamanan penerbangan, dilakukan dengan disinfektan spray," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Ada Virus Corona, Jumlah Penumpang Lion Air Turun?

Danang menjelaskan, proses sterilisasi sebenarnya merupakan bagian dari standar operasional penerbangan.

Sehingga, proses sterilisasi tidak hanya dilakukan ketika virus corona tengah merebak.

"Penyemprotan tidak hanya dilakukan karena wabah corona. Sebelumnya sudah dilakukan membasmi serangga, kuman, dan bakteri. Dan setiap hari setelah pesawat menjalankan rangkaian rotasi atau terbang," tutur Danang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaksanaan disinfeksi pesawat adalah langkah terbaru dari Lion Air selain langkah-langkah yang sebelumnya sudah diterapkan untuk melindungi awak pesawat dan personel layanan darat.

Misalnya pemeriksaan suhu badan wajib terhadap semua personel layanan darat dan kru penerbangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan melakukan penerbangan.

"Seluruh rangkaian operasional dijalankan sesuai standar operasional prosedur," katanya.

Danang pun memastikan, kru pesawat Lion Air sudah dilatih secara khusus untuk memantau penumpang yang berpotensi terindikasi virus corona namun berhasil melewati pengecekan suhu tubuh.

"Awak kabin itu sudah dilatih dari berbagai aspek. Konteksnya disini profiling. Mengenal gerak-gerik penumpang. Ground staff juga diatih mengenali orang sehat dan tidak sehat," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.