Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Jual Produk Olefin Turun Pengaruhi Pendapatan Chandra Asri

Kompas.com - 17/03/2020, 21:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba bersih dan pendapatan PT Chandra Asri Petrichemical Tbk (TPIA) kompak mengalami penurunan sepanjang tahun 2019.

Tahun lalu, emiten petrokimia ini membukukan pendapatan bersih sebesar 1,88 miliar dollar AS. Realisasi ini turun 26 persen dibandingkan dengan pencapaian pendapatan pada tahun lalu yang mencapai 2,54 miliar dollar AS.

Direktur SDM & Urusan Korporat dan Sekretaris Perusahaan Chandra Asri, Suryandi mengatakan turunnya pendapatan bersih tidak lepas dari harga penjualan rata-rata produk yang lebih rendah terutama untuk produk olefin.

Baca juga: Chandra Asri Petrochemical Dapat Insentif Pajak Bangun Pabrik Baru

Selain itu, harga penjualan rata-rata Ethylene juga turun menjadi 861 dollar AS per ton dari sebelumnya 1.163 dollar AS per ton pada 2018. Pun begitu dengan harga jual rata-rata dari Polyethylene yang turun menjadi 1.047 dollar AS per ton.

Turunnya pendapatan bersih juga imbas dari adanya Turnaround Maintenance (TAM) terjadwal pada Agustus-September 2019 sehingga menyebabkan volume penjualan TPIA pada 2019 menjadi lebih rendah.

Namun, TPIA berhasil mempersingkat waktu TAM dari perkiraan awal selama 55 hari menjadi hanya 51 hari.

Adapun volume penjualan emiten konstituen Indeks Kompas100 ini hanya sebesar 1.942 kilo ton (KT) sepanjang 2019.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Chandra Asri Petrochemical Dapat Fasilitas Kredit

Jumlah ini turun tipis 9,3 persen bila dibandingkan dengan volume penjualan pada tahun 2018 yang mencapai 2.141 KT.

“Namun TAM ini merupakan bagian operational excellences, sehingga diharapkan proses produksi selama empat sampai lima tahun lagi tidak ada gangguan,” ujar Suryandi di Jakarta, Selasa (17/3).

TPIA berhasil menekan beban pokok pendapatan sebesar 20,6 persen menjadi 1,70 miliar dollar AS.

Penurunan beban pokok pendapatan ini terutama disebabkan biaya bahan baku, terutama Naphtha, yang turun sekitar 17 persen dari 650 dollar AS per ton menjadi 542 dollar AS per ton, sejalan dengan turunnya harga minyak mentah Brent sebesar 10 persen secara tahunan.

Baca juga: Ekspansi Pabrik Genjot Bisnis Chandra Asri

TPIA membukukan laba kotor sebesar 171,1 juta dollar AS atau lebih rendah 56,2 persen dibandingkan realisasi pada 2018. Sementara pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) turun menjadi 180,1 juta dollar AS pada 2019. (Akhmad Suryahadi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ini penyebab turunnya pendapatan dan laba bersih Chandra Asri (TPIA) pada 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com