Filipina Akan Tutup Seluruh Bandara di Pulau Luzon

Kompas.com - 17/03/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi bandara Thinkstockphotos.comIlustrasi bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Filipina akan menutup semua bandara di pulau utamanya, Pulau Luzon, mulai Jumat (20/3/2020) mendatang dalam upaya memperlambat penyebaran penyakit coronavirus baru (COVID-19).

Hal itu dinyatakan oleh Departemen Transportasi Filipina pada Selasa (17/3/2020) sebagaimana dikutip dari Xinhua.

Para penumpang dari luar negeri (outbound passengers) diberikan waktu 72 jam untuk keluar dari Luzon, termasuk Metro Manila, usai pemerintah memberlakukan karantina masyarakat mulai Selasa tengah malam.

"Para penumpang dari luar negeri yang ingin meninggalkan Filipina melalui bandara internasional mana pun di Luzon akan diizinkan untuk melakukan perjalanan selama periode 72 jam sebelum diberlakukannya karantina masyarakat," papar departemen tersebut dalam sebuah panduan.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Filipina Tutup Sementara Seluruh Pasar Keuangan

"Para penumpang internasional dari luar negeri yang melakukan transit setelah pemberlakuan karantina masyarakat akan diizinkan masuk dengan tunduk pada sejumlah prosedur karantina yang berlaku jika datang dari negara-negara yang diberlakukan pembatasan perjalanan yang ada," tambah departemen itu.

Asisten Sekretaris Departemen Transportasi Filipina Goddes Libiran mengatakan kepada awak media bahwa setelah periode 72 jam itu, semua bandara di Luzon akan ditutup.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengisolasi Luzon secara keseluruhan seiring meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di negara tersebut. Sejumlah pembatasan perjalanan yang ketat diterapkan guna membatasi penyebaran penyakit itu.

Filipina saat ini memiliki 142 kasus terkonfirmasi COVID-19, termasuk 12 kematian.

"Pergerakan kargo di seluruh Luzon tidak akan dihambat," sebut departemen itu, seraya menambahkan bahwa sejumlah panduan untuk para kru atau personel yang mengangkut kargo akan diformulasikan oleh Departemen Transportasi Filipina.

Luzon, pulau tempat Manila berada, merupakan pulau terbesar dan memiliki populasi terpadat dari tiga gugus pulau yang membentuk Kepulauan Filipina.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X