Kompas.com - 18/03/2020, 08:17 WIB
 Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah ditutup dalam zona hijau pada perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (17/3/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (18/3/2020) diproyeksikan bakal positif, namun dengan pergerakan yang terbatas.

IHSG Selasa ditutup pada level 4.456,74 atau turun 233,9 poin atau (49 persen). Pada sesi kedua Indeks turun tajam sampai dengan 5 persen yang mengakibatkan perdagangan disetop atau Trading Halt.

Direktur Anugrah Mega Investama, Hans Kwee mengatakan ada peluang IHSG akan rebound hari ini. Hal ini mengingat indek AS dan Eropa merespon positif terhadap stimulus.

Baca juga: Satu Pegawainya Suspect Corona, Ini Kata KKP

Misalkan saja kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menggelontorkan stimulus cukup besar kemarin malam.

"AS memberikan stimulus sampai dengan 1 triliun dollar AS langsung kepada warganya. Ini direspon positif oleh pasar karena dana yang diberikan cukup besar," kata Hans kepada Kompas.com.

Hans juga mengatakan, saat ini dunia sedang menanti stimulus untuk membangkitkan kondisi ekonominya. Misalkan saja di Eropa, Prancis mulai memberikan stimulus 50 miliar dollar AS baru-baru ini yang berdampak pada indeks Eropa yang ditutup positif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gojek Dikabarkan Dapat Suntikan Dana Rp 18 Triliun

"Memang ditengah kekhawatiran karena sejumlah negara memilih opsi lockdown untuk mengantisipasi virus corona, orang berpikir dampak kerusakan ekonomi akan cukup besar. Tapi ini pahitnya harus ditelan untuk melawan corona," tambahnya.

Hans memproyaksikan IHSG akan menguat hari ini dengan kenaikan antara 100 sampai dengan 150 poin.

"Kita perkirakan akan menguat, karena global berhasil menguat. Karena kemarin (ditutup) indeks cukup di bawah, hari ini IHSG berpeluang rebound cukup lumayan," kata dia.

Baca juga: Pengusaha Ritel: Pembatasan Pembelian Bahan Pokok untuk Cegah Spekulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.