Rupiah Berpeluang Rebound meski Masih di Level Rp 15.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 18/03/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (18/3/2020) terpantau rebound.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.18 WIB rupiah berada pada level Rp 15.169 per dollar AS atau menguat 4 poin sebesar 0,02 persen dibanding penutupan Jumat Rp 15.165 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sebagian aset berisiko bergerak positif pagi ini terpicu oleh pengumuman stimulus pemerintah AS sebesar 1 triiliun dollar AS.

"Ini mungkin bisa membantu menahan pelemahan rupiah hari ini," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Tembus Rp 15.000 Per Dollar AS, Ke Mana Lagi Arah Rupiah?

Ariston mengatakan, pasar yang khawatir mengenai dampak negatif corona terhadap perekonomian bakal menghalangi penguatan aset berisiko.

S&P global mengumumkan hasil risetnya kemarin malam, yang menyebut ekonomi global akan mengalami resesi di tahun 2020 ini karena dampak virus corona dan memangkas proyeksi pertumbuhan GDP negara besar seperti China, AS dan Zona Euro.

Proyeksi pertumbuhan global 2020 oleh S&P yang sebelumnya di Des 2019 tumbuh 3,3 persen, revisi terbaru menyebutkan hanya tumbuh 1 persen sampai 1,5 persen.

Pertumbuhan ekonomi China direvisi yang hanya tumbuh 2,7 persen sampai 3,2 persen dari sebelumnya 5,7 persen.

Pertumbuha ekonomi AS juga direvisi menjadi 0,5 persen sampai 0 persen dari sebelumnya 1,9 persen. Zona euro juga direvisi menjadi -1 persen sampai dengan 0,5 persen dari sebelumnya 1 persen.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 15.000 per dollar AS sampai dengan Rp 15. 270 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X