IHSG Masih Dibayangi Pelemahan

Kompas.com - 18/03/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com – Awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (18/3/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih belum beranjak dari zona merah.

Analis riset Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christopher, mengatakan IHSG sepanjang hari ini masih dibayangi pelemahan.

"IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal tren bearish masih cukup kuat," kata Dennies.

Baca juga: IHSG Lanjutkan Penurunan

Dennies mengatakan pergerakan IHSG akan dipengaruhi tingginya ketidakpastian dari perekonomian global akibat dampak dari coronavirus terutama semakin tingginya kasus dari dalam negeri.

"Dari global, kekhawatiran akan resesi masih akan membayangi pergerakan," jelasnya.

Melansir data RTI, pukul 09.15 WIB, IHSG berada di level 4.316,84 atau turun 039,9 poin (3,14 persen) dibanding penutupan Selasa 4.456,74.

Sebanyak 59 saham melaju di zona hijau dan 208 saham merah. Sedangkan 58 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 717 miliar dengan volume 572,7 juta saham.

Sementara pada penutupan bursa Selasa, IHSG ditutup melemah di level 4,456.75 turun 4.99 persen.

Pelemahan didorong oleh saham-saham sektor industri dasar yang turun 5,90 persen dan infrastrukture yang turun 5,87 persen.

"IHSG (kemarin) ditutup melemah seiring kekhawatiran akan resesi dari pidato Donald Trump," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, kecemasan terhadap perekonomian juga masih datang dari penyebaran virus corona dari global dan dalam negeri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X