KILAS

Wakil Ketua Komisi IV DPR: Semua Pihak Harus Jaga Petani, Jangan Impor

Kompas.com - 19/03/2020, 11:54 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Partai Nasdem Hasan Aminuddin. DOK. Humas Kementerian PertanianWakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Partai Nasdem Hasan Aminuddin.

KOMPAS.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin mengatakan, semua pihak harus menjaga petani tetap sehat dan mampu berproduksi.

Menurutnya, meski kondisi pandemi virus corona (Covid-19) sedang meluas dan terdapat potensi dampak ekonomi yang besar, urusan perut tidak bisa ditunda dan diabaikan.

"Jangan malah mikir mau impor saat musim panen. Biar ada corona, petani sekarang musimnya panen padi. Pengamat peka dikitlah," tegasnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com , Kamis (19/3/2020).

Hasan menambahkan, bila Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri dan berproduksi, jangan berpikir impor karena petani masih mampu.

Baca juga: Kementan Terus Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

"Kita punya kemampuan besar. Buah-buahan dan sayuran kita lebih segar dan sehat. Kalo kita beli dari petani kita, maka kita juga menggerakkan ekonomi nasional," ujar politisi Nasdem ini.

Selain itu, menurutnya, prediksi akan lesunya ekonomi global dan nasional harus disikapi secara positif, terutama bagi sektor pertanian.

Dia menilai, pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) telah bersiap dengan program terobosan dan insentif bagi petani, mulai dari benih, pupuk, hingga pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hasapn pun mengajak seluruh stakeholder pertanian untuk bersatu melawan virus corona dengan memperkuat pangan nasional.

Baca juga: Kementan Jalin kerja Sama dengan BNI untuk Maksimalkan KUR Tani

"Dari Indonesia untuk Indonesia sendiri. Jangan mikir impor terus dong," ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X