Kompas.com - 19/03/2020, 14:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKS/SAPUNKELEIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro memproyeksikan Bank Indonesia (BI) akan menurunkan kembali suku bunga acuannya 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) yang akan diumumkan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) hari ini.

"Kami melihat masih terdapat ruang untuk menurunkan suku bunga kebijakan BI 7 Days Reverse Repo Rate pada RDG Bank Indonesia besok sebanyak 25 basis poin menjadi 4,5 persen," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Penurunan suku bunga tersebut, menurut dia, didorong oleh langkah pre-emptive yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mengantisipasi risiko perlambatan ekonomi global akibat penyebaran virus Covid-19 dan dampaknya kepada pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini.

Baca juga: Bank Sentral AS Pangkas Suku Bunga Acuan hingga 0 Persen

Di sisi lain, lanjut Andry, laju inflasi masih relatif stabil dan terkendali, meskipun beberapa waktu terakhir terdapat kenaikan beberapa bahan makanan dan kebutuhan pokok, seperti gula pasir dan bawang merah.

"Inflasi sampai dengan bulan Februari 2020 secara tahunan tercatat sebesar 2,98 persen, masih dalam rentang target BI yang sebesar 2,0 sampai 4,0 persen. Kami memperkirakan sepanjang tahun ini inflasi akan berada pada level 3,25 persen," ujarnya.

Dari industri perbankan, Mandiri telah ancang-ancang siapkan strategi apabila virus corona ini berdampak lebih buruk terhadap perekonomian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami telah menyiapkan berbagai skenario dari dampak ekonomi penyebaran Covid-19 ini. Secara umum, kami berusaha sekuat mungkin untuk menjaga stabilitas beberapa indikator, terutama kualitas aset dan likuiditas di tengah masih tingginya ketidakpastian ke depan," ujarnya.

Bank Indonesia pada RDG Februari 2020, telah memangkas suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) ke level 4,75 persen.

Baca juga: Makin Kecil, Berikut Suku Bunga Deposito Perbankan Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.