Kompas.com - 19/03/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,5 persen.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 18 dan 19 Maret 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,5 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers via live streaming, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,75 persen.

Baca juga: BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen

Kemudian, suku bunga Lending Facility juga diturunkan menjadi 5,25 persen.

"Kebijakan moneter akan tetap akomodatif dan konsisten dengan perkiraan inflasi yang terkendali, serta langkah preemptive untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi," jelas Perry.

Pada bulan lalu, BI juga telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen. Kebijakan ini diambil sebagai langkah antisipasi pelemahan ekonomi akibat virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X