BI: Rupiah Melemah 5,18 Persen Sejak Februari 2020

Kompas.com - 19/03/2020, 17:47 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus mengalami pelemahan sejak Februari 2020.

Bahkan, pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (19/3/2020), rupiah bertengger pada posisi Rp 15.912 per dollar AS di pasar spot menurut data Bloomberg.

Rupiah melemah 4,53 persen dibandingkan pada posisi pembukaan perdagangan hari ini, yaitu Rp 15.287 per dollar AS. 

Baca juga: Kian Melemah, Rupiah Ditutup Rp 15.912 Per Dollar AS

Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo menerangkan, penyesuaian aliran masuk modar asing di pasar keuangan domestik pasca meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) menekan nilai tukar rupiah sejak pertengahan Februari 2020.

"Berkurangnya aliran masuk modal asing akibat meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global, telah memberikan tekanan kepada nilai tukar rupiah, yang melemah sejak pertengahan Februari 2020," kata Perry dalam konferensi pers melalui live streaming.

Perry mengungkapkan, hingga Rabu (18/3/2020) kemarin, rupiah secara rerata melemah 5,18 persen dibandingkan rerata level Februari 2020.

Adapun secara point to point harian, rupiah melemah 5,72 persen.

Baca juga: Rupiah Anjlok Sejak Februari 2020, Apa yang Dilakukan BI?

"Dengan perkembangan ini, rupiah dibandingkan dengan level akhir 2019 terdepresiasi sekitar 8,77 persen, seiring dengan pelemahan mata uang negara berkembang lainnya," jelas Perry.

Perry menegaskan, bank sentral terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar.

"Bank Indonesia terus meningkatkan intensitas stabilisasi di pasar DNDF, pasar spot, dan pembelian SBN dari pasar sekunder," terang Perry.

Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar, imbuhnya, BI terus mengoptimalkan operasi moneter guna memastikan bekerjanya mekanisme pasar dan ketersediaan likuiditas baik di pasar uang maupun pasar valas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X