Ekonomi Global Tak Kondusif, Laba Bersih Petrosea Naik 35,80 Persen

Kompas.com - 20/03/2020, 14:46 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham Dok. PetroseaIlustrasi pergerakan harga saham

KOMPAS.com – PT Petrosea Tbk. mencatatkan laba bersih sebesar 31,18 juta dollar Amerika Serikat (AS) laba pada 2019.

Laba tersebut naik 35,80 persen (year on year) dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 22,96 juta dollar AS.

Perusahaan yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa dan konstruksi, serta jasa minyak dan gas bumi itu juga mencatatkan kenaikan total pendapatan sebesar 2,30 persen, dari 465,74 juta dollar AS pada 2018 menjadi 476,44 juta dollar AS pada 2019.

Baca juga: Triwulan III 2019, Petrosea Catat Laba Sebesar 20,58 Juta Dollar AS

“Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bahwa inisiatif strategis kami untuk melakukan transformasi kegiatan operasional perusahaan melalui digitalisasi mendapatkan pengakuan dari dunia internasional, setelah Petrosea dipilih oleh World Economic Forum sebagai satu-satunya perusahaan tambang dan satu-satunya perusahaan milik Indonesia yang masuk ke dalam Global Lighthouse Network,” kata Presiden Direktur PT Petrosea Tbk., Hanifa Indradjaya, dalam pernyataan tertulis, Jumat (20/3/2020).

Ilustrasi pekerja lapanganDok. Petrosea Ilustrasi pekerja lapangan

Adapun kontribusi dari lini bisnis kontrak pertambangan mencapai 60,25 persen terhadap total pendapatan perusahaan, dengan menggunakan armada yang sangat efisien dan efektif dalam mencapai volume produksi.

Sementara itu, ia melanjutkan, kontribusi dari lini bisnis rekayasa dan konstruksi mencapai 20.50 persen.

Sedangkan, konstribusi lini bisnis Petrosea Logistics and Support Services mencapai 18,66 persen terhadap total pendapatan emiten berkode saham PTRO itu.

Baca juga: Investor Saham Ini Terima Deviden Rp 16,5 Miliar dari Satu Emiten

“Tahun 2019 merupakan tahun yang membanggakan bagi PT Petrosea Tbk. Di tengah volatilitas harga batu bara thermal dan kondisi ekonomi global yang kurang kondusif, perusahaan berhasil mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang menggembirakan,” ujarnya.

Hanifa menjelaskan, pencapaian Petrosea sepanjang 2019 didorong oleh berbagai inisiatif strategis dan upaya transformasi guna memastikan sustainable superior performance perusahaan untuk tahun-tahun mendatang.

Sebagai informasi, Petrosea menjadi perusahaan rekayasa dan konstruksi Indonesia pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1990.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X