Antisipasi Dampak Corona, Bulog dan Sugar Group Gelar Operasi Pasar hingga 24 Maret 2020

Kompas.com - 20/03/2020, 23:25 WIB
Ilustrasi gula pasir. shutterstockIlustrasi gula pasir.

KOMPAS.com - Pembatasan kegiatan di tengah pandemi corona virus disease 19 (Covid-19) mengancam ketersediaan bahan pangan.

Demi menjaga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, Badan Urusan Logistik ( Bulog) menggandeng perusahaan swasta untuk turun tangan.

Usai meminta masyarakat melakukan social distancing di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo mendadak meninjau Gudang Bulog di Kelapa Gading, Rabu (18/3/2020) pagi, untuk memastikan ketersediaan beras.

Ia pun menginstruksikan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, untuk menggelar operasi pasar.

Baca juga: Sidak Gudang Bulog, Presiden Jokowi Perintahkan Operasi Pasar

 

Salah satu perusahaan pangan yakni Sugar Group Companies (SGC) bekerja sama dengan Bulog menggelar Operasi Pasar Stok Pangan di 35 pasar di Provinsi DKI Jakarta dan Banten, mulai 18 hingga 24 Maret 2020.

Jadwal operasi pasar

Adapun operasi pasar akan dilaksanakan di Pasar Ciracas, Pasar Lenteng Agung, Pasar Joharbaru, Pasar Rawa Badak, dan Pasar Asem Reges pada Minggu (22/3/2020).

Sehari setelahnya yakni pada Senin (23/3/2020), operasi pasar akan digelar di Pasar Palmeriam, Kantor Kelurahan Bukit Duri, Kantor Kecamatan Tanah Abang, Pasar Pademangan Barat, dan Pasar Tambora.

Sementara itu, kegiatan serupa masih akan digelar pada Selasa (24/3/2020) di Pasar Pondok Bambu, Pasar Bukit Duri, Pasar Gondangdia, Pasar Tugu, dan Pasar Slipi.

Warga mengantre untuk membeli gula pasir pada kegiatan Operasi Pasar Stok Pangan yang digelar Sugar Group Companies bersama Bulog di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). Dok. Sugar Group Company Warga mengantre untuk membeli gula pasir pada kegiatan Operasi Pasar Stok Pangan yang digelar Sugar Group Companies bersama Bulog di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, mengimbau masyarakat tidak terprovasi adanya isu kelangkaan bahan pokok.

Ia memastikan, bahan pangan yang ada saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X