Investor, Ini Cara Manfaatkan Peluang Cuan di Tengah Virus Corona

Kompas.com - 21/03/2020, 11:49 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyikapi kondisi ekonomi yang tidak pasti akibat kemunculan virus corona, maka banyak investor yang cenderung mengalihkan asetnya, dari aset berisiko ke aset aman.

Ada juga yang memilih wait and see hingga kondisi mulai membaik dan pasar kembali bangkit.

Katarina Setiawan, Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia mengatakan ada dual hal yang bisa dilakukan investor dalam menyikapi kondisi black swan event (kondisi tak terduga) ini secara rasional.

Baca juga: Mau Investasi Saat Pasar Bergejolak? Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu

Menurutnya, kondisi ini biasanya cenderung membuat investor panik, sehingga wajar bagi investor untuk tidak rasional dalam mengambil keputusan akan investasinya.

“Namun belajar dari pengalaman yang lalu, volatilitas dan koreksi ekstrim biasanya selalu diikuti dengan kenaikan tajam setelahnya,” ungkap Katarina.

Katarina mengatakan, sesudah kepanikan berlalu atau dengan lebih stabilnya jumlah kasus Covid-19, investor akan dapat lebih tenang menganalisa dampak riil terhadap perekonomian, laba korporasi serta pasar finansial.

“Menjual saham saat ini, sayang sekali. Kondisi harga turun 31 persen, sementara penurunan laba korporasi tidak akan turun setajam 31 persen, bahkan mungkin tidak turun sejauh 10 persen,” jelasnya.

Baca juga: Yuk Investasi, Mumpung Harga Saham Murah

Selanjutnya, Anda bisa mengkaji ulang posisi portofolio dan ingat akan tujuan investasi Anda. Jika perlu, Anda bisa lakukan rebalancing.

“Sesuaikan selalu dengan tujuan investasi serta profil risiko yang dimiliki dan jangan lupa untuk mengambil peluang yang ada,” tambahnya.

Katarina juga menghimbau para investor untuk menempatkan investasinya pada mitra terpercaya dengan melihat kriterianya.

Misalkan saja, mitra yang memiliki proses investasi yang prudent, memiliki rekam jejak baik, dipercaya oleh sejumlah besar nasabah dan kapital yang besar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X