Lawan Corona, Jack Ma Bakal Kirim Bantuan ke 10 Negara Ini

Kompas.com - 21/03/2020, 18:12 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)

JAKARTA, KOMPAS.com - Miliarder China sekaligus orang terkaya di Asia,  Jack Ma, bakal kembali melakukan donasi berupa perlengkapan medis ke 10 negara di Asia untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pendiri raksasa e-commerce Alibaba tersebut berencana melakukan donasi melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation.

Kedua yayasan tersebut akan melakukan donasi melalui pemerintah Afghanistan, Banglades, Kamboja, Laos, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Srilanka.

Baca juga: Jack Ma Kirim Bantuan Masker ke Indonesia

Adapun perlengkapan medis yang disumbangkan adalah, 1,8 juta masker, 210.000 test kit dan 36.000 baju pelindung, serta sejumlah perlengkapan medis penting seperti ventilator dan termometer.

“Go Asia! Kami akan mendonasikan perlengkapan medis untuk 10 negara Asia,” ujar Ma, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/3/2020).

Ma mengakui, pengiriman dalam waktu cepat bukanlah hal yang mudah di tengah kondisi saat ini.

“Walau pengiriman dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah, kami bisa mewujudkannya," katanya.

Baca juga: Jack Ma Sumbang 500.000 Alat Tes Virus Corona dan 1 Juta Masker ke AS

Pengiriman donasi tersebut akan memanfaatkan kemampuan dan jaringan Electronic World Trade Platform (eWTP) untuk mengatasi tantangan-tantangan logistik dan transportasi dengan banyaknya jumlah dan posisi geografis negara-negara tujuan.

“Pandemi ini telah menghadirkan berbagai tantangan untuk industri logistik di dunia. Dengan keberadaan eWTP, kami mencoba sebaik mungkin untuk memastikan transportasi dan pengantaran yang cepat hingga wilayah terpencil yang sangat membutuhkan bantuan ini,” ujar Secretary General eWTP Alibaba, Juntao Song.

Sebelumnya, Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation mengumumkan akan mengirimkan donasi 2 juta masker, 150.000 test kit, 20.000 baju pelindung dan 20 ribu pelindung wajah untuk Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Baca juga: Jack Ma Donasi Rp 201,6 Miliar Untuk Perawatan Pasien dan Riset Vaksin Virus Corona

Donasi yang akan dikirimkan ke Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina juga menggunakan kekuatan kemampuan dan jaringan eWTP untuk memastikan transportasi dan pengantaran yang cepat.

Juntao menjelaskan, eWTP memiliki mandat untuk memberdayakan para pelaku usaha kecil dan menengah di seluruh dunia untuk mewujudkan potensi ekonomi sebesar-besarnya dengan mengurangi hambatan perdagangan dan mempermudah mereka untuk berpartisipasi di perdagangan global.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X