Dua Tips Mencegah Penyebaran Corona di Gerbang Tol Otomatis

Kompas.com - 22/03/2020, 15:31 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jadebotabek mulai Kamis (19/3/2020). Jasa MargaPT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jadebotabek mulai Kamis (19/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) telah memberikan tips kepada para pengguna jalan tol untuk mencegah penyebaran virus corona di gerbang tol.

Caranya yakni dengan tidak menyentuh layar Gerbang Tol Otomatis (GTO).

"Penerapan social distancing enggak hanya dalam bentuk #WorkFromHome dan #DiRumahAja lho! Di gerbang tol pun Kawan JM juga dapat mengaplikasikan social distancing dengan #JanganSentuhGTO demi kesehatan dan keamanan kita bersama," tulis Jasa Marga di siaran pers yang dikutip Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Terapkan Kerja dari Rumah, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Ada 2 tips yang berikan Jasa Marga agar pengguna jalan tol tidak menyentuh GTO. Pertama, cukup dekatkan kartu uang elektronik ke reader GTO. Tak perlu sampai menempelkannya.

Dengan mendekat kartu uang elektronik saja, reader GTO bisa membaca kartu tersebut. Transaksi tetap berjalan dan palang GTO akan terbuka.

Kedua, Jasa Marga menyarankan pengguna jalan tol untuk menggunakan alat bantu tapping, misalnya tongkat kartu uang elektronik.

Dengan adanya alat bantu, transaksi di gerbang tol bisa dilakukan tanpa harus menyentuh GTO.

Baca juga: Skenario Terburuk Corona, Pemerintah Kaji Larangan Mudik Lebaran 2020

"Untuk yang tetap harus beraktivitas di luar rumah dan menggunakan jalan tol tiap harinya, jangan lupa ya untuk menerapkan kedua tips di atas," kata Jasa Marga.

Selain saran untuk pencegahan penyebaran virus corona di gerbang tol, Jasa Marga juga secara rutin membersihkan mesin GTO dengan menggunakan cairan disinfektan,

Bahkan penyemprotan cairan disinfektan ke mesin GTO dilakukan minimal satu jam sekali.

Baca juga: Cegah Corona, PLN Minta Masyarakat Bayar Listrik Secara Online

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X