Cara Investasi Saham yang Bebas "Fear and Greed"

Kompas.com - 23/03/2020, 06:08 WIB
Ilustrasi PixabayIlustrasi

ALKISAH dongeng dari negeri tirai bambu, terjadilah percakapan antara Tuhan dengan kerbau, monyet, anjing, dan manusia ketika Tuhan menciptakan mereka.

Ketika Tuhan menciptakan kerbau, Tuhan memberi usia 50 tahun, dan memberi mandat kepadanya untuk bekerja keras membantu manusia membajak sawah, menarik pedati, dan melakukan pekerjaan berat lainnya.

Merasa mandat tersebut berat, si kerbau menawar, dan meminta kepada Tuhan untuk memberikan umur hanya 20 tahun saja. Tuhan pun setuju.

Tibalah giliran Tuhan menciptakan monyet, dan Tuhan memberikan usia 20 tahun untuk hewan tersebut. Sama seperti kerbau, monyet mendapat mandat untuk menghibur manusia dan membuat manusia senang.

Merasa mandat itu begitu berat, monyet pun menawar dan meminta hanya 10 tahun saja usianya di dunia ini. Tuhan pun mengabulkan.

Tibalah masa ketika Tuhan menciptakan anjing, dan diberi usia hingga 20 tahun. Tugasnya menjaga dan menemani manusia dengan setia. Sama seperti monyet dan kerbau, si anjing pun menawar usia yang diberikan, karena merasa tugasnya berat.

Anjing meminta agar usianya hanya 10 tahun saja. Lagi-lagi Tuhan mengabulkan.

Pada akhirnya, tiba giliran Tuhan menciptakan manusia, makhluk kesayangannya. Tuhan memberikan usia manusia hanya sampai 25 tahun, tugasnya cuma bersenang-senang.

Namun, berbeda dengan makhluk sebelumnya, manusia tidak meminta diskon usia. Ia meminta untuk Tuhan menambahkan usianya karena ia merasa usianya terlalu pendek untuk bersenang-senang.

Manusia pun meminta kepada Tuhan untuk menambahkan 30 tahun sisa usia kerbau, 10 tahun sisa usia monyet, dan 10 tahun usia si anjing untuk dirinya, sehingga bisa hidup lebih lama lagi di dunia ini. Tuhan pun setuju.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X