Gandeng Halodoc, Gojek Luncurkan Layanan Telemedik Covid-19

Kompas.com - 23/03/2020, 11:16 WIB
ilustrasi transportasi online Gojek techcrunch.comilustrasi transportasi online Gojek

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa Tbk atau Gojek menggandeng Halodoc meluncurkan layanan telemedicine Check Covid-19 untuk bantu penanganan virus corona di Indonesia. 

Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung lebih dari 20.000 dokter berlisensi. Layanan telemedicine Check Covid-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek.

Menurut Co-CEO Gojek Group, Andre Soelistyo, layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani pasien Covid-19 yang berada di kategori risiko tinggi atau berada dalam kondisi menengah parah.

“Tidak lepas dari ini, tentu para mitra driver dan mitra merchant kami yang membantu masyarakat Indonesia melewati masa sulit ini. Merekalah yang membantu masyarakat untuk mendapatkan barang, makanan dan obat-obatan yang diperlukan. Kami berharap Gojek dapat menjadi tulang punggung Indonesia untuk kita bersama melewati Covid-19," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulisnya,  Senin (23/3/2020).

Baca juga: Dampak Wabah Corona, Gojek Hentikan Sementara Cicilan dari Mitra Pengemudinya

Sementara itu, CEO Halodoc, Jonathan Sudarta mengatakan, situasi seperti ini memerlukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat untuk memastikan kesehatannya.

“Sistem pemeriksaan awal kami akan membantu menyaring masyarakat dengan risiko Covid-19 rendah, medium hingga tinggi. Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori Covid-19 kapanpun dan dimanapun," ujarnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi menyebutkan, hal tersebut bisa memperkuat sistem penanganan Covid-19 yang telah disusun pemerintah secara komprehensif.

"Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko Covid-19," sebutnya.

Adapun cara mengakses telemedicine tersebut pengguna bisa memilih shuffle card Check Covid-19 di tampilan aplikasi Gojek. Seketika pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check Covid-19 di aplikasi Halodoc.

Di dalam aplikasi itu bisa berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan “self-assessment” atau pemeriksaaan sendiri terkait Covid-19. Apabila ada dugaan menderita virus tersebut, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan awal.

Yakni, meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi mandiri serta obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna. Ini supaya penyebaran penyakit bisa diminimalisir. Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Baca juga: Gojek Dikabarkan Dapat Suntikan Dana Rp 18 Triliun

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X