Melemah, Rupiah Ditutup di Rp 16.575 Per Dollar AS

Kompas.com - 23/03/2020, 16:42 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Senin (23/3/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 16.575 per dollar AS atau melemah 615 poin sebesar 3,8 persen dibanding penutupan Jumat Rp 15.960 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan sentimen virus corona masih membayangi pergerakan rupiah.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Mudik Gratis Tahun ini Dibatalkan

Penyebaran virus corona di Indonesia meningkat 4 kali lipat menjadi 579 orang dari sebelumnya dan yang meninggal menjadi 49 dan 30 orang dinyatakan sembuh.

"Ini terdeteksi setelah alat pendeteksi virus corona didatangkan dari China dan disebarkan ke rumah sakit baik pemerintah maupun swasta," kata Ibrahim.

Ibrahim menilai, masyarakat yang belum terdeteksi kemungkinan masih cukup banyak sehingga wajar kalau arus modal kembali keluar dari pasar dalam negeri.

"Imbasnya rupiah terus tersungkur. Ada kemungkinan rupiah ke Rp 17.000 per dollar AS," ucapnya.

Baca juga: Sri Mulyani: Pemerintah Tak Bisa Berjuang Sendiri Melawan Wabah Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X