Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Stimulus Trump "Digagalkan" Senat, Wall Street Kembali Anjlok

Kompas.com - 24/03/2020, 07:40 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar saham Amerika Serikat, Wall Street kembali tenggelam di zona negatif pada perdagangan Senin (24/3/2020) waktu setempat.

Hal tersebut disebabkan paket stimulus yang diajukan Presiden AS Donald Trump yang akan ditelurkan oleh pembuat kebijakan gagal disetujui oleh senat setempat.

Proses negosiasi sedang berjalan, namun investor menilai semakin lama pemerintah harus menunggu proses persetujuan senat, semakin besar dampak virus corona (covid-19) terhadap perekonomian.

Baca juga: The Fed Bikin Dollar AS Melemah, Harga Emas Dunia Melambung 5,9 Persen

Dikutip dari CNBC, indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 582,05 poin atau 3,1 persen pada penutupan perdagangan menjadi 18.591,93 level terendah Dow Jones sejak November 2016.

Adapun indeks S&P 500 terkoreksi 2,9 persen menjadi 2.237,4 poin dan indeks Nasdaq Composite terkoreksi tipis 0,3 persen menjadi 6.860,67 poin lantaran investor mulai kembali masuk ke saham-saham perusahaan teknologi.

Untuk keduanya kalinya dalam kurang dari 24 jam, rancangan undang-undang yang bakal memberikan pemerintah otoritas untuk menggelontorkan stimulus fiskal untuk mendorong perekonomian gagal melalui rintangan prosedural pertama di tataran senat.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sebelumnya sempat mengatakan saat ini untuk di tataran kongres, pemerintah telah mendekati kata sepakat dan aturan tersebut harus bisa direalisasikan Senin (24/3/2020).

"Kami menggunakan sebagian dana yang kami miliki, tetapi kami membutuhkan Kongres untuk menyetujui dana tambahan hari ini sehingga kami dapat bergerak maju dan mendukung pekerja Amerika dan ekonomi Amerika," kata Mnuchin.

Baca juga: Wall Street Kembali Merosot dan Menghapus Trump-Bump

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com