Bangkit, Rupiah Bisa Kembali di Bawah Rp 16.000 Per Dollar AS?

Kompas.com - 24/03/2020, 09:07 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (24/3/2020) mulai bangkit.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.56 WIB rupiah berada pada level Rp 16.490 per dollar AS atau menguat 84 poin (0,50 persen0 dibanding penutupan Senin pada Rp 16.574 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pengumuman mendadak Bank Sentral AS kemarin malam yang akan merilis program kredit ke pebisnis AS melalui perbankan telah memberikan sentimen positif ke sebagian aset berisiko.

“Mata uang emerging market juga terlihat menguat terhadap dollar AS,” ungkapnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Paket Stimulus Trump Digagalkan Senat, Wall Street Kembali Anjlok

Pagi ini indeks saham Asia seperti Nikkei dan Kospi terlihat menguat. Demikian juga indeks saham Australia dan indeks saham Futures S&P 500

“Ini juga akan memberikan sentimen positif ke rupiah hari ini. hari ini akan menguat pada level support Rp 16.000 per dollar AS,” jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 16.000 per dollar AS sampai dengan Rp 16.575 per dollar AS.

Baca juga: Melemah, Rupiah Ditutup di Rp 16.575 Per Dollar AS



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X